Kamis, 21 Maret 2013

tanda dan gejala abses otak

ABSES OTAK
Abses otak merupaan infeksi intrakranial yang terjadi pada jaringan otak atau lapisan otak dan medula spinalis(meningitis) atau adanyaakumulasi bebas(terbentuknya pus kapsul) dalam otak. sumber penyebba dari penyakit ini dapat berupa bakteri, virus, atau jamur(fungi). sebenarnya , penyakit ini dapat di simbuhkan secara total , anamun juga dapat menimbulkan pernurunan neurologis lain, bahkan dapat menyebabkan terjadinya keamtian.

Abses otak adalah suatu proses infeksi yang melibatkan perenkim otak, terutama di sebabkan oleh penyebaran dari fokus yang berdekatan atau melalui sistem vaskular.

A. Etiologi abses otak

sebenarnya, pentyakit abses otak jarang terjadi. apabila terjadi, biasanya merupakan akibat dari:
1. adanya penyebaran infeksi di bagian lain dari kepala (misalnya gigi , hidung , atau telinga)
2. Adanya cedera kepala yang menembus ke otak
3. Adanya infeksi di bagian tubuh yang lain , yang disebarkan melalui darah. beberapa infeksi yang dapat menyebabkan abses otak antara lain :
a. trauma
b. metastase(trauma abses)
c. sinusitis radang rongga paranasal
d. sinusitis frontalis dan dinusitis maksilaris
e. infeksi mata 
f. infeksi wajah , dll

Berbagai mikroorganisme yang dapat ditemukan pada abses otak adalah bakteri , jamurm dan parasit. Bakteri yang paling sering menyerang adalah staphylococus aureus biasanaya berkembang dari perjalanan otitis media atau faraktur kranni. infeksi ini berasal dari sinus paranasalis, penyebabnya adalah streptococus aerob dan pneumocucus, sering merupakan komplikasi infeksi paru. abses pada penderita jantung bawaan sianotik umumnya oleh streptococcus anaerob.

B. Tanda dan Gejala
pada dasarnya, tidak ada pun gejala kelinis khas untuk abses otak ini. Gejalan yang timbukk berpariasi dari orang satu dengan orang lain , tergantung pada ukuran dan lokasi abses pada otak.

1. Tanda - Tanda
lebih dari 75% penderita mengeluh sakit kepala dan merupakan gejala utama paling sering di keluhkan . sakit kepala merupakan gejala utama yang sering kali di keluhkan. sakit kepala yang dirasakan terpusat pada daerah abses dan terasa semakin hebat dan parah . kurang lebih separuh dari penderita mengalami demam tetapi tidak tinggi.

2. Gejala - Gejala
gejala abses serebri dapat di bagi menjadi 3 yaitu gejala infeksi umum ,gejala tekann tinggi intracranial , dan gelaja fokal. 
  • gejala infeksi umum, terjadi seperti demam, mailase, anoreksi
  • pada stadium awal, namun terdapat gejala-gejala peninggian tekanan intracranial berupa muntah,sakit kepala, dan kejang. dengan semakin besarnya abses otak, gejala menjadi khas yaitu berupa trias abses otak , yang terdiri dari gejala infeksi,peninggian tekanan intra caranial dan gejala neurologik fokal.
  • gejala fokal terlihat pada abses otak antara lain:(frontalis,temporalis,parietalis, surebelum)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar